Jumlah Fasilitas Pemboran Minyak AS Meningkat, Harga Minyak Dunia Turun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun pada Jumat (6/4/2018) dipicu peningkatan jumlah fasilitas pemboran minyak mentah yang operasional di Amerika Serikat.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Mei 2018 turun US$1,48 menjadi US$62,06 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni 2018 melorot US$1,22 menjadi US$67,11 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam laporan yang dirilis pada Jumat, perusahaan jasa perminyakan Baker Hughes menyebutkan bahwa jumlah fasilitas pemboran minyak AS naik 11 buah menjadi 808 buah pekan ini. Peningkatan yang terjadi menimbulkan kekhawatiran produksi berlebih minyak AS.

Harga minyak dunia juga tertekan meningkatnya kembali tensi antara AS dengan Tiongkok. Presiden AS Donald Trump pada Kamis (5/4/2018) menyatakan bersiap untuk mengenakan cukai tinggi terhadap produk impor dari Tiongkok senilai US$100 miliar.

Langkah tersebut menjadi balasan pemerintah AS atas rencana pemerintah Tiongkok untuk mengenakan cukai tinggi terhadap produk impor dari Negeri Paman Sama senilai US$50 miliar.