Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Penurunan Pemboran AS

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami kenaikan pada Senin (8/1/2018) dipicu penurunan jumlah fasilitas pemboran minyak yang aktif di Amerika Serikat.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Februari 2018 naik 29 sen menjadi US$61,73 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret 2018 meningkat 16 sen menjadi US$67,78 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam laporan mingguan yang dirilis Jumat (5/1/2018), perusahaan jasa perminyakan Baker Hughes menyatakan bahwa jumlah fasilitas pemboran minyak yang aktif di AS turun lima buah menjadi 742 buah pekan lalu.

Para trader selanjutnya memperhatikan dengan seksama peningkatan tensi politik di Iran dan pengaruhnya terhadap pasokan minyak global. Pekan lalu berbagai aksi demonstrasi berlangsung di Iran menentang kebijakan ekonomi pemerintah negara tersebut.

Sekitar 20 orang termasuk warga sipil maupun aparat kepolisian terbunuh dan belasan lainnya mengalami cedera dalam bentrok berdarah antara para demonstran dengan pihak keamanan.