Fasilitas Pemboran Minyak AS Meningkat, Harga Minyak Dunia Turun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun pada Jumat (11/5/2018) dipicu peningkatan jumlah fasilitas pemboran minyak yang aktif di Amerika Serikat.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intemediate (WTI) untuk pengiriman Juni 2018 turun 66 sen menjadi US$70,70 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli 2018 melorot 35 sen menjadi US$77,12 per barel di London ICE Futures Exchange.

Sepekan terkahir ini, harga minyak WTI naik 1,2 persen. Sedangkan harga minyak mentah Brent meningkat 2,8 persen.

Dalam laporan yang dirilis pada Jumat, perusahaan jasa perminyakan Baker Hughes menyebutkan bahwa jumlah fasilitas pemboran minyak yang aktif di cekungan Permian, yang terletak di negara bagian Texas dan New Mexico, meningkat lima buah pekan ini, menjadi 463 buah yang merupakan jumlah terbanyak sejak Januari 2015.

Secara total, fasilitas pemboran minyak yang aktif di AS meningkat 10 buah mencapai 844 buah, jumlah terbanyak sejak Maret 2015. Jumlah total fasilitas pemboran minyak yang aktif di AS telah meningkat enam pekan beruntun.

Harga minyak dunia juga terpengaruh pernyataan Perdana Menteri Inggris Theresa May yang menyatakan Negeri Ratu Elizabeth tetap mendukung kesepakatan nulir Iran. May setuju dengan Presiden AS Donald Trump bahwa pembicaraan perlu dilakukan untuk mengetahui pengaruh sanksi AS terhadap Iran terhadap perusahaan-perusahaan yang beroperasi di negara tersebut.