AS Mundur dari Kesepakatan Nuklir Iran, Harga Minyak Dunia Turun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun pada Selasa (8/5/2018), setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan mundurnya Negeri Paman Sam dari kesepakatan nuklir Iran, kesepakatan yang ditandatangani 2015 lalu.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intemediate (WTI) untuk pengiriman Juni 2018 turun US$1,67 menjadi US$69,06 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli 2018 merosot US$1,32 menjadi US$74,85 per barel di London ICE Futures Exchange.

Trump mengumumkan mundurnya AS dari kesepakatan nuklir Iran pada Selasa. Ia juga menyebutkan tidak akan menandatangani pengabaian sanksi terhadap Iran terkait nuklir.

Trump memberikan alasan mundurnya AS dari kesepakatan nuklir Iran karena menganggap kesepakatan tersebut gagal mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir dan memberikan dukungan terhadap aksi terorisme. Trump belum menyebutkan waktu dan bentuk sanksi yang akan dijatuhkan kepada Iran.

Harga minyak WTI sempat anjlok lebih dari 4 persen sebelum Trump melakukan pidato, kemudian mengalami peningkatan sebagai dampak reaksi para trader atas mundurnya AS dari kesepakatan nuklir Iran sehingga berakhir tak terlalu jauh di bawah US$70 per barel.