Operasional Pemboran AS Turun, Harga Minyak Dunia Rebound

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia rebound pada Jumat (9/3/2018) setelah jumlah fasilitas pemboran minyak mentah yang aktif di Amerika Serikat turun untuk pertama kalinya dalam tujuh pekan terakhir.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman April 2018 naik US$1,92 menjadi US$62,04 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Mei 2018 meningkat US$1,88 menjadi US$65,49 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam laporan mingguan yang dirilis Jumat, perusahaan jasa perminyakan Baker Hughes menyebutkan bahwa jumlah fasilitas pemboran minyak AS yang operasional turun empat buah menjadi 796 buah pekan ini. Sebelumnya jumlah fasilitas pemboran minyak AS yang operasional meningkat enam pekan beruntun.

Para trader juga menyambut baik rencana pertemuan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un Mei mendatan, yang akan mendukung penurunan tensi geopolitik dan peningkatan permintaan minyak mentah.