Harga Minyak Dunia Alami Rebound

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami rebound pada Senin (9/4/2018) setelah ketegangan antara Amerika Serikat dengan Tiongkok di bidang perdagangan mulai mereda.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei 2018 naik US$1,36 menjadi US$63,42 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni 2018 meningkat US$1,54 menjadi US$68,65 per barel di London ICE Futures Exchange.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pada Minggu (8/4/2018) menyatakan ia tidak memiliki ekspektasi bahwa perang dagang antara AS dengan Tiongkok akan berlangsung. Pernyataan tersebut mendongkrak sentimen pasar pada Senin.

Pasar minyak dunia berada dalam tekanan pekan lalu seiring memuncaknya kekhawatiran akan dampak perang dagang antara AS dengan Tiongkok terhadap perekonomian global. Harga minyak WTI maupun minyak mentah Brent masing-masing anjlok 2 persen pada Jumat.

Sementara itu, harga minyak dunia juga didukung pelemahan dolar AS pada Senin karena pelemahan tersebut membuat minyak mentah yang diperdagangkan dalam dolar AS menjadi lebih murah bagi para pemilik dana dalam mata uang lain. Indeks dolar AS turun 0,31 persen menjadi 89,826.