26 Calon Emiten Telah Tunjuk Biro Administrasi Efek

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Minat perusahaan di tanah air menggalang dana melalui penerbitan saham perdana atau initial public offering (IPO) di tahun ini tergolong tinggi. Pasalnya, ada sebanyak 26 calon emiten telah menunjuk biro administrasi efek (BAE) untuk memuluskan rencananya tersebut.

Menurut Direktur Utama PT Datindo Entrycom, Ester Agung Setiawati, pihaknya telah menerima mandat sebagai BAE dari 11 perusahaan yang sedang mempersiapkan diri melakukan penggalangan dana melalui pasar modal.

Tahun ini minat IPO cukup tinggi. Kami saja telah menerima 11 perusahaan dan di Adimitra (PT Adimitra Jasa Korpora) sudah 15 perusahaan, jelas dia di gedung Bursa Efek Indonesia, Kamis (01/2/2018).

Namun, Setiawati tidak dapat merinci semua nama-nama perusahaan yang di maksud. Dalam kesempatan ini, dia hanya menyebut beberapa nama perusahaan ternama.

"Misalnya PT BRI Syariah, PT BTPN Syariah, PT Asuransi Tugu Mandiri dan PT Kelola Mina laut," ujar dia.

Untuk diketahui, PT Adimitra Jasa Korpora dan PT Datindo Entrycom hanya dua BAE diantara 11 BAE yang memiliki ijin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Sementara itu, Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Samsul Hidayat menyampaikan, penunjukan BAE merupakan langkah awal dalam proses IPO sebelum menyampaikan pendaftaran ke Bursa dan OJK.

"Itu dari BAE, sedangkan yang sudah ke BEI baru delapan perusahaan," kata dia.