ANALIS MARKET (06/12/2018) : IHSG Diestimasi Bergerak Melemah, Tiga Saham Ini Direkomendasikan Beli

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, mengikuti pergerakan pasar regional, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup turun diperdagangan kemarin (05/12). Pergerakan ini juga ditekan oleh sektor perbankan di tengah pelemahan rupiah ke level 14.400. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Losers, yaitu: Misc. Industry (-1.71%), Property (-0.78%), Mining (-0.68%).

Sementara itu, pasar global melanjutkan pelemahannya kemarin (05/12), di tengah kekhawatiran investor akan potensi pelambatan ekonomi global pada 2019.

Anjloknya pasar AS pada hari sebelumnya (04/12), turut mempengaruhi pergerakan pasar Asia dan Eropa. Adapun maraknya penjualan sektor perbankan menekan pasar Asia. Di sisi lain, pasar AS libur terkait hari berkabung nasional.

Lebih lanjut, riset NH Korindo juga menyebutkan, fokus pasar global saat ini adalah pertemuan OPEC. Harga minyak global telah mengalami kejatuhan yang cukup dalam beberapa bulan terakhir. Kondisi ini berpotensi membuat OPEC untuk melakukan pemangkasan produksi.

Di sisi lain, penangkapan petinggi Huawei oleh pemerintah Kanada memberikan kekhawatiran bahwa progres negosiasi dagang AS-Tiongkok akan mengalami gangguan.

Sementara itu, pergerakan rupiah terus mengalami pelemahan dalam beberapa hari terakhir. Potensi rebound harga minyak akibat pemangkasan produksi oleh OPEC akan semakin melemahkan rupiah.

Sebagai catatan, dalam beberapa bulan terakhir rupiah mengalami penguatan akibat jatuhnya harga minyak.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak melemah dengan support range 6056-6065 dan resistance range 6157-6165,” sebut analis NH Korindo dalam riset yang dirilis Kamis (06/12/2018).

Adapun sebagai rekomendasi saham utnuk aksi Trading Buy, riset menyebut: INDY, ANTM, dan TLKM layak untuk dikoleksi diperdagangan hari ini, Kamis (06/12/2018).