ANALIS MARKET (13/11/2018) : IHSG Diestimasi Bergerak Melemah, Tiga Saham Ini Direkomendasikan Beli

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup turun kemarin (12/11), terdalam diantara bursa regional. Penurunan dipicu oleh sektor keuangan, aturan pembobotan oleh bursa, dan pelemahan rupiah. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Losers, yaitu: Misc. Industry (-3.16%), Consumer (-2.50%), Finance (-1.77%).

Sementara pasar global ditutup turun kemarin (12/11), seiring perhatian investor tertuju pada harga minyak pasca peringatan OPEC. Kenaikan harga minyak global turut menekan pasar Eropa dan membuat pasar Asia ditutup variatif.

Pasar AS juga dipengaruhi oleh turunnya saham Apple serta isu adanya tarif otomotif baru yang sedang dipersiapkan. Pasar Eropa turut ditekan oleh sektor teknologi.

Lebih lanjut, riset NH Korindo mengungkapkan, sentimen negatif datang dari pelemahan tajam yang terjadi pada mayoritas pasar global. Pasar saham AS turun 2% dan pasar saham Jepang pagi ini telah melemah 3%. Kondisi ini dipengaruhi oleh tren kenaikan dollar index yang menyentuh posisi tertinggi sejak Juni 2017.

Tren penguatan dollar index ini juga telah memicu pergerakan rupiah yang kembali terdepresiasi ke posisi 14.820. Namun kondisi ini belum memicu investor asing untuk membukukan posisi net sell yang signifikan pada pasar saham Indonesia.

“Menyikapi beberapa kondisi tersebut diatas, untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak melemah dengan support range 5709-5715 dan resistance range 5809-5815,” sebut analis NH Korindo dalam laporan riset yang dirilis Selasa (13/11/2018).

Adapun sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: SMGR, MAPI, dan JPFA layak dikoleksi diperdagangan hari ini, Selasa (13/11/2018).