AP II Akan Investasi Runway II Bandara Supadio Sebesar Rp2 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Angkasa Pura (AP) II merasa berkewajiban memajukan perekonomian Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Langkah ini dilakukan dengan menyiapkan pembangunan runway (landasan pacu) kedua Bandar Udara (Bandara) Internasional Supadio di Pontianak, Kalbar.

“Runway kedua dibangun paling cepat pada akhir tahun ini dan selesai pada 2020, dengan investasi sekitar Rp2 triliun," kata Muhammad Awaluddin, Presiden Direktur (Presdir) PT AP II (Persero) Minggu (2/4/2017) kemarin.

Nantinya, dimensi runway kedua ini akan dibangun 3.000 x 60 meter. Dengan demikian, landasan ini dapat menampung pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777.

Saat ini, Bandara Internasional Supadio melayani maskapai Aviastar, Citilink, Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Kalstar Aviation, Lion Air, NAM Air, Sriwijaya Air, Wings Air, dan Xpress Air.

Adapun pengembangan landasan pacu ini nantinya diharapkan meningkatkan layanan penerbangan Bandara Internasional Supadio hingga 51.772 penerbangan per tahun dari semula 24.790 per tahun.

Sedangkan kapasitas penumpang di bandara meningkat dari 3,8 juta per tahun menjadi 5,5 juta penumpang per tahun per Juni tahun ini.