Pertumbuhan PDB Sektor Perikanan Tahun 2017 Ditarget Mencapai 9 Persen

Foto : Istimewa

Pasardana.id - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, sejumlah program pembangunan yang dilakukan pada 2017 bertujuan mengentaskan kemiskinan nelayan, serta menargetkan agar pertumbuhan Produksi Domestik Bruto (PDB) sektor perikanan tahun 2017 ini bisa mencapai angka 9 persen.  

Susi juga meyakini, bila kondisi cuaca pada tahun 2017 ini membaik, maka produksi perikanan tangkap nasional juga bakal membaik.

"Pembangunan sektor kelautan dan perikanan berada di jalan yang benar yang terlihat dari jumlah ekspor yang terus meningkat sedangkan jumlah impor terus menurun setiap tahunnya," terangnya, di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Peningkatan Daya Saing Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo mengatakan, ekspor perikanan nasional mengalami peningkatan sebesar 4,96 persen di tahun 2016.

"Saat ini pasar ekspor kita sedang bagus di Amerika Serikat dan Jepang," kata Nilanto Perbowo belum lama ini di Jakarta.

Berdasarkan data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS), jenis komoditas perikanan yang melejit di pasar ekspor di antaranya cumi, sotong, gurita, dan udang.