Aplikasi Sosmed LINE Akan Jadi Milik Publik Juli Nanti

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Bagi pengguna aplikasi sosial media LINE boleh berbahagia. karena kini mereka tidak hanya bisa menggunakan aplikasi ini namun bisa juga memiliki sahamnya.

Diberitakan CNBC, Jumat (3/6/2016), LINE segera melantai di dua bursa sekaligus, yaitu New York dan Tokyo, untuk memperkuat ekspansinya di masa depan guna menyaingi aplikasi WhatsApp dan WeChat.

Situs CNBC, Jumat (3/6/2016) menyebut perusahaan mengincar dana hingga US$3 miliar dalam aksi korporasi ini.

Penawaran saham ke publik ini direncanakan berlangsung akhir musim panas atau di bulan Juli nanti, setelah sebelumnya rencana awal dilakukan di semester pertama tahun ini. Namun keputusan itu ditunda karena selama semester satu ini saham-saham teknologi kurang bersinar di bursa AS sementara efek positif Abenomic terhadap bursa saham Tokyo telah berkurang.

LINE diluncurkan lima tahun lalu pasca-bencana tsunami dan gempa bumi saat layanan telpon di Jepang mengalami gangguan. Sejak saat itu, perusahaan diambil oleh operator portal internet terbesar Korea, Naver. Naver gencar berpromosi sehingga menguasai pasar Korea sekaligus memperluas pasar di wilayah lain di Asia.

Aplikasi ini memiiki kelebihan dibanding pesaingnya, karena di luar servis kirim pesan dan telpon bebas pulsa, pengguna Line bisa melakukan pembayaran, memesan pizza, bermain games dan mencari kerja.

LINE sudah menunjuk pihak underwriter yakni Morgan Stanley, Goldman Sachs, JPMorgan, dan Nomura. Juru Bicara Naver mengatakan kepada Reuters bahwa pihaknya memang mempertimbangkan sejumlah opsi untuk IPO Line.

Sementara CFO Naver Hwang In-joon bilang pada Agustus lalu bahwa perusahaan tidak akan melakukan IPO hingga kinerja dan kondisi market membaik.