ANALIS MARKET (21/3/2022) : IHSG Diperkirakan Bergerak Sideways Cenderung Menguat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, IHSG pada perdagangan Jumat (18/3) pekan lalu mengalami pelemahan, ditutup di level 6954,96 (-0,14%). IHSG sempat mengalami penguatan pada awal sesi hingga menuju sedikit keatas level 7000, dan kelihatannya level tersebut menjadi resistance psikologis bagi para investor. Hampir seluruh indeks di bursa Asia pada Jumat pekan lalu mengalami penguatan, hal ini disebabkan oleh meredanya ketegangan antara Rusia – Ukraina. Sektor yang menarik turun pergerakan IHSG yaitu sektor property (- 1,42%), sektor infrastruktur (-0,67%), dan sektor teknologi (-0,49%). Investor asing tercatat membukukan net buy sebesar Rp 135,80 milliar, dengan saham-saham yang paling banyak diborong adalah: TLKM, BBYB, ASII.

Secara teknikal, memang terdapat level resistance yang terbentuk dari Fibonacci projection di level 7032, dan pada perdagangan Kamis lalu (17/3) IHSG sempat menyentuh level tersebut di level high. Beberapa saham yang memiliki potensi naik untuk perdagangan hari ini yaitu: INTP, PTRO, MPPA, MLPL, BTPS, ISSP, BCAP, MDKA, BSDE, WEHA, IMJS, INCO.

Dari bursa AS, seluruh indeks menguat, merespon optimisme para investor terkait dengan berita dari Rusia – Ukraina yang mulai membahas mengenai proses diplomasi, dan menanggapi dengan positif langkah The Fed untuk menaikkan tingkat suku bunga secara bertahap untuk mengatasi peningkatan pada inflasi.

MARKET OUTLOOK

Sementara dari bursa kawasan Asia, bursa Jepang tutup karena libur, Kospi diperdagangkan positif di 0,1% saat laporan ini ditulis.

Dari dalam negeri, berkaca dari performa IHSG serta bursa pada Jumat pekan lalu serta kondisi bursa Asia, IHSG pada hari ini kami perkirakan akan bergerak sideways cenderung menguat, namun tetap waspada karena IHSG telah menyentuh titik tertingginya berdasarkan analisa teknikal.

“IHSG akan diperdagangkan pada rentang 6920 – 7000,” sebut analis Reliance Sekuritas dalam riset yang dirilis Senin (21/3/2022).