Perluas Konektivitas Jaringan Penerbangan, Garuda Indonesia-Emirates Jalin Kerjasama

Foto : istimewa

Pasardana.id - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, pada Rabu (9/3/2022), mengumumkan kerja sama codeshare dengan maskapai Emirates.

Lewat kerjasama tersebut, Garuda Indonesia (IDX: GIAA) dan Emirates memperluas konektivitas jaringan penerbangan ke 16 rute penerbangan di Indonesia, Timur Tengah, hingga Eropa yang dilayani masing-masing maskapai.

Sebagai informasi, codeshare merupakan perjanjian bisnis penerbangan, sehingga dua maskapai dapat berbagi penerbangan yang sama.

"Sebagai salah satu mitra strategis codeshare kami, Emirates akan memberikan akses ke pilihan destinasi internasional yang lebih luas  dan meningkatkan kenyamanan pada layanan bersama kami," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (9/3/2022).

Irfan menuturkan, peluncuran kerja sama codeshare tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman yang telah dilakukan pada November 2021.

Selain itu, juga mengacu pada perizinan dari regulator untuk mengoperasikan rute-rute yang termasuk dalam kerja sama codeshare tersebut.

Melalui kemitraan codeshare tersebut, Irfan mengatakan, penumpang Garuda Indonesia dapat memperoleh pilihan jaringan penerbangan ke berbagai destinasi yang dilayani Emirates.

Di antaranya, Dubai di Uni Emirat Arab (UEA); Paris di Perancis; London Heathrow dan Manchester di Inggris; Milan di Italia; dan Barcelona di Spanyol.

Sementara itu, pengguna jasa Emirates juga dapat memilih ragam konektivitas rute penerbangan ke berbagai destinasi unggulan di Indonesia yang dilayani Garuda Indonesia melalui dua hub penerbangan Jakarta dan Denpasar.  

Adapun sejumlah destinasi penerbangan tersebut diantaranya adalah Denpasar, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Manado, Medan, Padang, dan Solo yang akan dilayani melalui hub Jakarta.

Sedangkan tujuan domestik yang dilayani melalui hub Denpasar, adalah Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

"Kemitraan ini sejalan dengan komitmen Garuda terhadap pemulihan ekonomi nasional dan menghubungkan Indonesia dengan dunia," ujar Irfan.

Dirinya berharap, dengan semakin banyak negara yang melonggarkan pembatasan perjalanan dan membuka kembali perbatasan, diharapkan  dapat melayani pengguna jasa Emirates yang terbang ke Indonesia.

Selain itu, pengguna jasa Garuda yang bepergian ke lebih banyak tujuan di seluruh dunia.

Sementara itu, Chief Commercial Officer Emirates, Adnan Kazim mengaku senang dapat menjalin kemitraan dengan Garuda Indonesia. Khususnya dalam menghadirkan konektivitas tanpa batas kepada pelanggan kedua maskapai.

"Kerja sama codeshare ini akan memungkinkan kami untuk memperluas jangkauan kami, dan memungkinkan pelanggan kami untuk menggunakan layanan kami dan terbang ke destinasi domestik Indonesia lainnya selain Jakarta dan Bali," kata Adnan.

Menurut Adnan, Emirates juga senang dalam menghadirkan akses ke destinasi populer di luar Dubai yang dikunjungi oleh wisatawan Indonesia serta banyak manfaat lainnya kepada pelanggan Garuda Indonesia.

Adnan mengharapkan dapat terus memperkuat kemitraan dan memperkenalkan lebih banyak manfaat dan nilai tambah yang dapat dinikmati oleh pelanggan kedua maskapai.

Garuda Indonesia saat ini memiliki kemitraan codeshare dengan lebih dari 23 mitra maskapai dan 70 mitra interline yang menawarkan konektivitas penumpang Garuda Indonesia ke ratusan tujuan di seluruh dunia.

Sementara itu, Emirates saat ini memiliki kemitraan codeshare bersama 23 mitra maskapai dan kerja sama interline dengan lebih dari 115 maskapai penerbangan dan perusahaan kereta api.

Tiket untuk penerbangan codeshare dibuka mulai 16 Maret 2022. Lalu tiket dapat dipesan melalui garuda-indonesia.com, aplikasi Fly Garuda, dan melalui agen perjalanan.

Pemesanan tiket juga dapat dilakukan dari sisi emirates.com, aplikasi Emirates atau melalui agen perjalanan online dan offline.