Garuda Indonesia Tingkatkan Kerjasama Codeshare dengan 14 Maskapai Global

foto: istimewa

Pasardana.id - Garuda Indonesia akan terus meningkatkan kerjasama “codeshare” dengan maskapai global yang menjadi mitranya khususnya untuk penerbangan di domestik yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Dalam hal ini, Maskapai mitra bertindak sebagai marketing carrier (maskapai yang memasarkan) dan Garuda Indonesia bertindak sebagai maskapai yang mengoperasikan penerbangan (atau operating carrier).

Kerjasama codeshare dengan maskapai asing tersebut dilaksana pada rute - rute dari ibukota negara (atau kota-kota utama) masing - masing ke Jakarta dengan penerbangan mereka (mereka sebagai operating carrier) dan dari Jakarta ke wilayah domestik lainnya dimana Garuda Indonesia sebagai operating carrier atau maskapai yang mengoperasikan penerbangan di Indonesia.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, bahwa pelaksanaan codeshare dengan maskapai global merupakan strategi Garuda Indonesia untuk meningkatkan jumlah penumpangnya dan bagian dari peningkatan layanan dengan memberikan semakin banyak pilihan destinasi bagi penumpang.

"Kerjasama codeshare didomestik tersebut juga bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk memperkuat posisi Jakarta, Surabaya, dan Medan sebagai hub penerbangan di domestik, selain Bali dan Makassar. Semua penerbangan di domestik yang menjadi bagian dari kerjasama codeshare dioperasikan oleh Garuda Indonesia,” terang Pikri, Selasa (17/6/2019).

Kementerian perhubungan terhitung sejak tanggal 17 Juni 2019 telah memberikan izin perpanjangan bagi rute domestik Garuda Indonesia untuk menjadi bagian dari codeshare hingga periode musim panas (summer season) mendatang atau Oktober 2019.

Melalui kerjasama codeshare ini, Garuda Indonesia sebagai operating carrier akan menerbangkan penumpang internasional dari maskapai penerbangan global tersebut pada rute rute domestik yang dilayani Garuda Indonesia.

Selanjutnya, pihak maskapai global yang melaksanakan codeshare dengan Garuda Indonesia akan menjadi marketing carrier yang akan menjual dan menawarkan tiket rute domestik Garuda Indonesia kepada para penumpang.

Penjualan tiket rute domestik Garuda Indonesia oleh marketing carrier dari luar negeri haruslah menjadi satu kesatuan dengan tiket internasional dari kota asal (negara) penerbangannya dan penumpang tersebut - walaupun terbang di domestik dengan Garuda Indonesia - dianggap penumpang internasional. 

Dengan demikian, kedepannya seluruh penumpang internasional dari maskapai global yang melaksanakan kerjasama “codeshare” dengan Garuda Indonesia dapat mengakses secara langsung penerbangan Garuda Indonesia di domestik.

Adapun 14 maskapai global yang bekerjasama codeshare dengan Garuda Indonesia tersebut , diantaranya adalah; All Nippon Airways, Japan Airlines, Etihad Airways, KLM Royal Dutch Airlines, Vietnam Airlines, Saudi Arabian Airlines, Malaysia Airlines, China Airlines, Bangkok Airways, Turkish Airlines, Oman Air, Air Europa Lineas Aereas, serta Aeromexico.

Selain memperkuat kerjasama dengan 14 maskapai global tersebut, sebagai anggota aliansi maskapai SkyTeam tentunya Garuda Indonesia juga terjalin dalam kerjasama codeshare aliansi Skyteam.

SkyTeam merupakan sebuah aliansi maskapai global yang beranggotakan 20 maskapai global dengan menawarkan 1.150 destinasi di lebih dari 175 negara di seluruh dunia, dan dengan penerbangan setiap harinya lebih dari 14.500 penerbangan.