ANALIS MARKET (30/12/2022) : IHSG Diproyeksi Kembali Bergerak Sideways

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, keyakinan konsumen dan harga rumah AS kembali turun, seiring inflasi dan suku bunga tinggi bertahan dalam waktu lama.

Data menunjukkan, Conf. Board Cons. Confidence AS Nov. turun ke level 100,2 (Vs. Okt. 102,2); dengan S&P CoreLogic Case Shiller AS Sept. melemah -1,24% MoM (Vs. Aug. -1,30% MoM).

Di sisi lain, harga minyak mentah yang relatif rebound, seiring harapan pelonggaran Zero-Covid Policy China, dan spekulasi pemangkasan produksi produksi OPEC+, membuat Wall Street ditutup mixed awal pekan. 

Walaupun harga minyak mentah Brent bertahan di level USD83,03/Barel, namun WTI relatif naik mendekati level psikologis USD80/Barel.

Sementara itu, dalam Pertemuan Tahunan BI yang dijadwalkan hari ini (30/11), investor menantikan pandangan BI mengenai ekonomi dan kebijakan moneter, di sisa tahun ini dan tahun depan.

Investor juga cenderung bersikap wait and see, menantikan data manufaktur dan inflasi yang akan rilis besok (01/12).

Data terakhir menunjukkan manufaktur Indonesia mengalami perlambatan ekspansi, dan periode November diproyeksikan kembali berbalik inflasi, seiring kenaikan harga sejumlah komoditas pangan, mulai dari telur ayam hingga beras.

“Menutup perdagangan November, IHSG hari ini diproyeksi kembali bergerak sideways,” sebut NHKSI Research dalam riset yang dirilis Rabu (30/11/2022).