Mulai September, Toyota Pangkas Produksi 40 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan otomotif Jepang pada Kamis (19/8/2021) mengumumkan akan memangkas produksi secara global sebesar 40 persen mulai September mendatang seiring terjadinya krisis pasokan mikrochip.

Seperti dilansir BBC News, Toyota sebelumnya berencana untuk memproduksi 900.000 unit mobil bulan depan. Namun dengan adanya kekurangan pasokan mikrochip, produksi Toyota terpangkas menjadi hanya 540.000 unit mobil.

Krisis pasokan mikrochip tidak hanya berdampak pada Toyota. Perusahaan otomotif Jerman Volkswagen yang merupakan produsen mobil terbesar kedua di dunia juga telah menyatakan akan memangkas produksi.

Pandemi virus Corona (COVID-19) membuat permintaan terhadap mikrochip menjadi melonjak, terutama oleh produsen ponsel pintar, televisi, dan konsol video game. Akibatnya, pasokan mikrochip bagi sektor otomotif menjadi terganggu.

Perusahaan otomotif besar dunia seperti General Motors, Ford, Nissan, Daimler, BMW, dan Renault telah melakukan pemangkasan produksi akibat kekurangan pasokan mikrochip.