Toyota Mulai Tes Mobil Otonom Produksinya pada 2020

foto: istimewa

Pasardana.id - Toyota Motor Corp pada Senin (16/10/2017) mengumumkan akan memulai tes mobil kemudi otomatis atau mobil otonom produksinya pada 2020 mendatang. Mobil tersebut akan dilengkapi artificial intelligence (AI) pengendali mobil.

Mobil yang model konsepnya telah dihadirkan ke hadapan publik dalam Consumer Electronics Show di Las Vegas awal tahun ini akan mampu berinteraksi dengan pengguna mobil dan menyimpan preferensi sang pengguna, termasuk juga kebiasaan, perilaku, dan emosi.

“Dengan menggunakan teknologi AI, kami ingin memperluas dan meningkatkan pengalaman berkendara pengguna mobil tersebut, menjadikan mobil menjadi obyek afeksi kembali," ungkap Makoto Okabe, GM divisi perencanaan bisnis EV Toyota, seperti dikutip Reuters.

Dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan-perusahaan otomotif dan teknologi yang juga mengembangkan mobil pintar kemudi otomatis, Toyota telah berkomitmen melakukan investasi sebesar US$1 miliar sampai 2020 dalam mengembangkan mobil otonom yang dilengkapi AI.

Model konsep mobil otonom Toyota memiliki jarak tempuh 300 kilometer untuk sekali pengisian baterai. Mobil tersebut mampu mendeteksi emosi dan tingkat kewaspadaan pengemudi dengan menganallisa ekspresi, gerakan, dan nada bicaranya. Dari informasi yang didapat, mobil dapat memutuskan untuk mengambil alih kendali jika dirasa pengemudi terlalu letih untuk berkendara secara aman.