ANALIS MARKET (03/12/2021) : IHSG Diperkirakan Bergerak Menguat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, IHSG pada perdagangan kemarin (02/12), mengalami penguatan yang signifikan setelah berada di zona merah pada perdagangan intraday sesi 1. Efek window dressing masih meliputi optimisme para pelaku pasar mengingat sudah menjelang akhir tahun. Meski demikian, penguatan untuk kedepannya akan terbatas karena ketakutan para investor terhadap merebaknya varian omicron, dan percepatan rencana kenaikan tingkat suku bunga dari The Fed. Secara sektoral, indeks yang mendorong penguatan IHSG yaitu sektor industrial (+3,19%), energi (+2,27%), dan keuangan (+1,08%). Investor asing membukukan net buy di pasar reguler sebesar Rp 83,37 miliar dengan saham-saham yang paling banyak dikumpulkan adalah: TLKM, BBCA, PTBA.

Dari bursa AS, Wall Street rebound pada perdagangan semalam (02/12), memulihkan kekuatan yang hilang selama sesi sebelumnya baru-baru ini karena para pelaku pasar melakukan tawar-menawar sambil mencerna dampak dari pergeseran pandemi. Dari ketiganya, Dow naik paling tinggi, mencatatkan persentase kenaikan satu hari tertinggi sejak 5 Maret, dengan saham Boeing Co memberikan dorongan terbesar untuk rata-rata industri blue-chip.

Adapun diperdaganagn Jumat (03/12) pagi hari ini, bursa regional Asia sudah dibuka bervariasi, dari Jepang indeks Nikkei dibuka menguat +0.31%, dan dari Korea Selatan indeks Kospi dibuka melemah -0.33% namun saat ini keduanya sempat diperdagangkan kompak melemah sentiment dari pelemahan ini adalah datang dari korea selatan yang mengumumkan pertumbuhan GDP finalnya untuk Q3 melemah 4% secara YoY serta kenaikan inflasi di bulan November naik 3.7 secara YoY.

“Dari dalam negeri, IHSG diperkirakan akan bergerak menguat pada hari ini mengiringi penguatan yang terjadi pada bursa AS, dengan rentang support dan resistance di level 6480 – 6640,” sebut analis Reliance Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (03/12/2021).