Gencar Rambah Bisnis Penyediaan Air Bersih, META Bangun SPAM Kota Bitung

Foto : Dok. Potum

Pasardana.id PT Nusantara Infrastructure Tbk (IDX: META) gencar merambah bisnis penyedian air bersih.

Terbaru, melalui anak usahanya, PT Potum Mundi Infranusantara (Potum), ikut serta dalam program Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Hal itu tertuang dalam perjanjian antara Potum dengan  PT Alam Wiratama Kencana (AWK) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dua Saudara Kota Bitung, Selasa (19/10/2021).

Direktur PT Potum Mundi Infranusantara, Donny P Suleiman mengatakan, kerjasama ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Bitung akan air bersih dengan volume 400 liter per detik.

“Saat ini pelayanan air bersih di Kota Bitung baru mencapai 200 liter/detik. Kami berharap melalui kerjasama antara Potum, AWK dan PDAM Kota Bitung, dapat mendukung program pemerintah daerah untuk meningkatkan pendistribusian air bersih yang ramah lingkungan dengan memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 400 liter/detik,” jelas dia.

Ia menjelaskan, proyek ini juga diharapkan dapat mendukung program pemerintah daerah untuk menyediakan layanan air minum yang ramah lingkungan sesuai dengan aspek 3K yaitu, kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

Ketiga pihak berkomitmen dalam pengembangan dan peningkatan kapasitas serta kualitas Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bitung dengan memanfaatkan sumber air baku di wilayah tersebut, sebesar 200-300 liter/detik dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.

“Proyek ini diharapkan dapat menjadi investasi yang menguntungan dan juga bermanfaat bagi berbagai pihak, khususnya untuk seluruh masyarakat, PDAM, Pemerintah Daerah, Kawasan Pelabuhan, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung,” harap dia.

Sampai dengan saat ini, lanjut Donny, Potum telah mengoperasikan tiga instalasi pengolahan air bersih atau Water Treatment Plant (WTP) dengan total kapasitas 2.025 liter/detik melalui PT Sarana Catur Tirta Kelola (SCTK) yang terletak di Serang, Banten; PT Dain Celicani Cemerlang (DCC) di Medan, Sumatera Utara; dan PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri (TKCM) di Cikokol, Tangerang, Banten.

Air bersih yang dihasilkan ketiga WTP tersebut kemudian disalurkan melalui Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) setempat untuk memenuhi kebutuhan industri dan perumahan, sekaligus mendukung program pemerintah dalam menanggulangi krisis air bersih yang berkembang di Indonesia.