Telecom Infranusantara Bersiap IPO Tahun Depan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Nusantara Infrastruktur Tbk (IDX: META) tengah menyiapkan lima anak usahanya untuk mengalang dana melalui proses initial public offering (IPO).

Untuk diketahui, saat ini emiten yang bergerak dibidang infrastruktur itu, memiliki lima anak usaha yang bergerak di lima sektor infrastruktur.

"Mulai tahun depan kami akan merilis satu-satu anak usaha kami untuk ditawarkan ke publik melalui proses IPO," kata Chief Operating Officer META, Dannil Hasan di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Ia melanjutkan, dari lima anak usaha tersebut, PT Telecom Infrastruktur yang bergerak di bidang telekomunikasi dinilai paling siap untuk ditawarkan kepada investor.

"Saya rasa anak usaha kami di Telcom sudah siap dan akan di proses tahun depan (2017). Apalagi pertumbuhannya 30% tiap tahun," terang dia.

Ia menjelaskan, aset anak usaha tersebut saat ini Rp 2 triliun dan porsi saham yang akan dilepas hingga 30 persen.

"Jika pasar sedang bagus kita akan lepas hingga 30%," kata dia.

Lebih jauh dia menerangkan, IPO tersebut untuk mengalang dana dalam pengembangan micro cell pole atau menara dengan ukuran 20 meter (MCP) dan makro tower.

Pada tahun ini, perseroan direncanakan akan mengakuisisi satu perusahan micro tower.

"Kalau closed akan diteruskan tahun-tahun mendatang untuk di kota-kota besar lainnya," terang dia.

Sedangkan pada tahun depan, perseroan telah menyiapkan belanja modal Rp 450 miliar. Dari dana itu, sebagian besar untuk pengembangan MCP.