Menteri Wishnutama Sebut PSBB Total Berat Untuk Pariwisata

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio memahami alasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Senin, pekan depan.

Meski begitu, tidak dipungkiri jika keputusan itu tentunya memberikan konsekuensi yang juga berat, khususnya untuk pemulihan sektor pariwisata.

"Saya dapat memahami hal tersebut, walaupun perlu diingat hal ini tentu sangat berat untuk sektor pariwisata, seperti restoran, hotel, tempat hiburan, dan lain-lain," kata Wishnutama, Kamis (10/9/2020).

Wishnu mengakui, jika sektor pariwisata yang masih terpukul sejak awal masa pandemi. Karena itu, menurutnya penerapan PSBB di Jakarta tentu amat berat bagi sektor pariwisata yang saat ini baru mulai merangkak untuk bangkit. 

Ia pun khawatir, hal itu bisa berdampak pada destinasi pariwisata lain karena banyak kunjungan perjalanan domestik yang berasal dari Jakarta.

Sebab itu, dirinya menegaskan, bahwa kunci keberhasilan utama sektor pariwisata untuk dapat bangkit kembali dengan menerapkan penuh protokol kesehatan dengan baik dan disiplin.

"Memang, sudah banyak seperti restoran yang sudah menjalankan protokol, tapi masih ada juga yang perlu ditingkatkan," ujarnya. 

Lebih lanjut Wishnutama mengatakan, diperlukan kesadaran dan tanggung jawab oleh seluruh masyarakat sekaligus penegakan pelaksanaan protokol kesehatan.

"Ini supaya PSBB tidak perlu terjadi kembali," pungkasnya.