Kapasitas Dibatasi, Pemerintah Izinkan Maskapai Naikkan Harga Tiket Pesawat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pemerintah mengizinkan maskapai menaikkan harga tiket pesawat hingga menyentuh tarif batas atas (TBA) di tengah pandemi Corona (COVID-19) ini.

Izin diberikan agar keuangan perusahaan bisa tetap sehat saat jumlah penumpang juga dibatasi hanya boleh mengangkut 70% dari total kursi yang tersedia.  

Deputi bidang Koordinasi, Infrastruktur, dan Transportasi Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Ridwan Djamaluddin mempersilakan maskapai untuk menaikkan harga tiket pesawat sepanjang tak melewati tarif batas atas (TBA).

"Sekarang kapasitas maksimum 70 persen, kalau dianggap tidak cukup untuk menutupi biaya operasional silakan dinaikkan harga tiketnya, ada tarif batas atas," ujarnya, Senin (16/5/2020).

Sebelumnya, maskapai mengeluhkan pembatasan kapasitas pesawat saat kenormalan baru (new normal). Pembatasan tersebut dinilai tidak cukup menutupi biaya operasional penerbangan.   

Menurut Ridwan, hingga saat ini belum ada maskapai yang memasang harga tiket pesawat hingga menyentuh TBA yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan.

"Saat ini tarif batas atas itu belum dimanfaatkan sih sebetulnya, kalau mau silakan dimanfaatkan," katanya.

Ditambahkan, kondisi saat ini terbilang darurat. Maskapai butuh dana besar untuk menutupi biaya operasionalnya di tengah penurunan penumpang akibat penyebaran virus corona.

"Yang tidak boleh adalah memanfaatkan kondisi ini untuk mencari keuntungan yang lebih banyak. Tapi entitas harus lebih sehat. Jadi tidak bisa diperlakukan biasa-biasa saja. Silakan dimanfaatkan peluang kenaikan harga tiket dengan tarif batas atas," tegasnya.