Kementerian BUMN Akui ASABRI Investasikan Dana di Saham Gorengan

Foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengakui bahwa PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI) menginvestasi dana peserta atau nasabah pada saham gorengan. 

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya telah menerima informasi mengenai instrumen investasi untuk menempatkan dana para peserta ASABRI yang terdiri dari prajurit TNI, anggota Polri dan PNS di lingkungan Kementerian Pertahanan. 

Dikalangan pelaku pasar saham gorengan merupakan istilah bagi saham yang memiliki fluktuasi harga yang tinggi, namun tak disertai dengan fundamental perusahaan yang baik.

"Soal dia bermain ke investasi seperti itu dari laporan yang kami terima memang ada investasi ke saham yang tidak bagus yang menyebabkan perlu dibenahi," kata Arya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa, (13/1/2020.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan, Mahfud MD menyebutkan, ada dugaan korupsi di Asabri lebih dari Rp 10 triliun.

Ia ingin persoalan ini segera diproses secara hukum agar kebenaran dan kejelasan kasus dana pensiun Tentara Nasional Indonesia (TNI) terungkap. Apalagi ada uang prajurit dan tentara yang telah mengabdi di ASABRI.

“Mungkin tidak kalah fantastis dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp 10 triliun,” kata Mahfud di Jakarta, akhir pekan lalu (10/1).