Erick Thohir Angkat Eselon Satu di Kementeriannya. Berikut Nama dan Jabatannya

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menetapkan beberapa nama, untuk diangkat menjadi Sekretaris dan Deputi di Kementerian BUMN.

Beberapa nama yang akan lantik, adalah; menjadi Sekretaris Kementerian BUMN antara lain; Susyanto, Carlo Brix Tewu, Nawal Nely, dan Loto Srinaita Ginting.

Sedangkan perwira tinggi Polri Irjen Pol Carlo Brix Tewu akan mengisi jabatan sebagai Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan. Adapun, Nawal Nely akan menjabat Deputi Keuangan dan Manajemen Risiko.

Selain itu, nama Loto Srinaita Ginting yang merupakan anak buah dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati akan diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN. Sebelumnya, ia menjabat Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kementerian Keuangan.

"Iya, kami (dilantik langsung Menteri BUMN). Kalau dari isi Surat Keputusan, per setelah pelantikan (tidak lagi jadi pejabat Kemenkeu)," ujar Loto, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Dalam hal ini, Loto diberi tugas untuk mengawal para BUMN-BUMN agar tetap memperhatikan UMKM dalam menjalankan bisnis. Menurutnya, kesuksesan BUMN harus seiring dengan kesuksesan UMKM.

"Jadi, jangan semacam BUMN tumbuh tapi tidak berdampak dengan pertumbuhan UMKM. Padahal UMKM entitas terbesar, di kita itu sekitar 99,9 persen UMKM," imbuhnya.

Namun, sosok yang menarik dari nama-nama tersebut, yakni Carlo Brix Tewu. Dia merupakan jenderal bintang dua yang masih aktif di Kepolisian.

Sepanjang karirnya, pria lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1985 ini pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

Saat masih bekerja di lingkungan Kepolisian, Carlo pernah tergabung dalam Tim Kobra yang dibentuk untuk mengungkap kasus pembunuhan Hakim Agung, Syafiuddin Kartasasmita.

Dalam kasus tersebut, Carlo dan Tim Kobra berhasil menangkap Tommy Soeharto sebagai tersangkanya. Tommy, merupakan putra bungsu mantan Presiden RI, Soeharto.