Sumbang Deviden Terbesar, Pertamina Disebut Sebagai Kasir Negara

Foto : istimewa

Pasardana.id - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, Budi Gunadi Saddikin mengungkapkan, PT Pertamina (Persero) menjadi perusahaan pelat merah penyumbang dividen terbesar untuk negara. Bahkan dirinya mengibaratkan Pertamina sebagai kasir negara.
 
"Deviden Bu Nicke (Dirut Pertamina), Ibu Nicke salah satu kasir paling besar BUMN. Karena setorannya juga paling besar," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, (12/12/2019).

Menurutnya, sebagai perusahaan yang dapat menyetor dividen dalam jumlah yang besar, dirinya memahami jika perusahaan ini memiliki keuangan yang sehat. 

Budi menjelaskan, angka tahun lalu, perusahaan migas pelat merah tersebut menyumbang pendapatan negara sebesar Rp120,8 triliun. Sebanyak 93 persen dari total dividen yang disetorkan kepada negara itu berbentuk pajak.
 
"Keuangan Petramina bagus. Tahun lalu USD9 miliar EBITDA ( Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization)-nya. Itu besar sekali," ujar Budi.
 
Dia juga menyebutkan dengan keuangan yang sehat, maka tidak ada hambatan bagi perusahaan untuk melakukan segala jenis investasi di masa datang.
 
"Kemampuan keuangan (yang bagus) tidak ada masalah untuk investasi," tandas Budi.