ANALIS MARKET (15/11/2019) : Wait and See, Pelaku Pasar Menantikan Rilis Data Neraca Perdagangan Oktober

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, kemarin (14/11), IHSG mencatatkan net sell asing sebesar Rp221 miliar dengan net sell terbesar mencapai Rp81 miliar dibukukan oleh sektor perbankan.

Mayoritas bursa saham Asia melemah dipicu oleh data ekonomi Tiongkok yang tidak sesuai harapan, seperti data produksi industri Tiongkok yang melambat pada Oktober, meningkat hanya 4,7% y-y dan penjualan ritel yang hanya tmbuh sebesar 7,2% y -y lebih rendah dari ekspektasi pasar yang mencapai 7,9%.

Adapun nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terdepresiasi 0,02% ke level 14.080 per dolar AS.

Sementara itu, kemarin (14/11), Dow Jones ditutup melemah -0,006% ke level 27.781 lantaran ditekan oleh penurunan saham Cisco Systems Inc (-7.3%).

Pelemahan saham Cisco dipicu proyeksi pendapatan dan laba di bawah ekspektasi karena ketidakpastian ekonomi global membuat klien mengurangi pengeluaran untuk router dan switch-nya.

Dari sisi domestik, hari ini pelaku pasar menantikan rilis data neraca perdagangan Oktober yang diprediksi akan kembali mencatatkan defisit.

Dari sisi komoditas, harga karet global meningkat setelah Thailand membatasi area penanaman dan mengurangi pasokan karet.

“Kondisi tersebut diatas berpotensi jadi penggerak indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (15/11/2019).