Jadi Menteri Pertanian, Syahrul Yasim Limpo Dorong Swasembada Pangan

Foto : istimewa

Pasardana.id - Paska dilantik menjadi Menteri Pertanian (Mentan) untuk periode 2019-2024, Syahrul Yasin Limpo menyebutkan rencana kerjanya sebagai Mentan akan mendorong swasembada dan ketahanan pangan nasional. Dia juga mencanangkan bisa menekan impor.
 
"Secara bertahap, pelan, kita berharap masalah impor bisa kita atasi. Bahkan, kalau memang tidak sangat mendesak impor kita hindari," katanya, seusai dilantik di Istana Negara, Kompleks Jakarta, Rabu, 23/10/2019).

Yasin, begitu dia disapa, pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan selama dua periode mengatakan untuk mengurangi impor, dirinya akan menyeragamkan data antara Kementerian Perdagangan dengan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog). Selama ini kisruh impor kerap dilatarbelakangi persoalan perbedaan data.
 
 
"Satu bulan pertama sampai 100 hari menyamakan data. Tidak boleh ada dua sampai tiga data. Kita harus punya data yang persis, valid, data yang kita sepakati bersama," ungkap dia.

Dirinya berharap Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinannya dapat mendorong sektor pertanian menjadi lebih maju, mandiri dan modern. Khususnya kebutuhan pangan nasional dapat terjaga dengan harga terjangkau.

"Kita berharap kebutuhan pangan kita terjangkau," tandasnya.
  
Sebelum ditunjuk sebagai Mentan, kader Nasdem ini berkiprah di dunia politik. Ia menjabat Gubernur Sulawesi Selatan sebanyak dua periode dan Bupati Kabupaten Gowa selama dua periode.