Pemerintah Impor 27.400 Ton Daging Sapi dari Berbagai Negara

foto : istimewa

Pasardana.id - Menjelang bulan puasa dan Lebaran, Pemerintah berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau masyarakat.

Khusus untuk daging sapi, Menteri Pedagangan Thomas Lembong mengatakan, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), harga daging sapi di tingkat pedagang pada Ramadan ini harus mencapai Rp 80 ribu per kg.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah akan melakukan penambahan pasokan daging dengan importasi.

"Saat ini sudah terkumpul dari sisi pengadaan dan pemesanan sebanyak 27.400 ton dari berbagai negara," ujar Lembong, di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Lebih lanjut dijelaskan, dari jumlah tersebut, pemerintah memberikan penugasan impor sebesar 10 ribu ton daging ?kepada Perum Bulog, 5.000 ton kepada PT Berdikari, dan PT Dharma Jaya sebesar 500 ton. Selain itu juga ada impor daging yang akan dilakukan oleh swasta yang jumlahnya mencapai 20 ribu ton.

Adapun Australia, masih menjadi negara pemasok utama daging sapi ke Indonesia. Selain itu, juga ada Selandia Baru yang siap mengimpor jika diperlukan.

Sementara itu, untuk bawang merah, Pemerintah menargetkan harga di tingkat pedagang turun menjadi Rp 25 ribu per kilogram pada Ramadan nanti.

Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah menugaskan Perum Bulog untuk menyerap bawang merah dari petani lokal.

Dijelaskan, agar dalam proses penyerapan para petani bawang merah mendapatkan harga yang wajar, pemerintah menetapkan harga pokok penjualan (HPP) petani sebesar Rp 15 ribu per kg.

"Pemerintah sudah melakukan koordinasi internal, di satu sisi pemerintah punya komitmen untuk menyejahterakan petani. Di sisi lain, juga komitmen untuk jaga harga di konsumen juga wajar. Untuk menjaga aspek ini, pemerintah memberlakukan HPP sebesar Rp 15 ribu," jelas Lembong lagi.

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, harga rata-rata nasional bawang merah tercatat sudah mengalami penurunan menjadi Rp40.624,29 pada Selasa (31/5), dari sebelumnya minggu lalu sebesar Rp42.441,18 per kilogram.

Sementara untuk beras kualitas medium, tercatat Rp10.573,49 per kilogram, daging sapi sebesar Rp113.375,22 per kilogram yang naik jika dibandingkan minggu sebelumnya yang sebesar Rp111.53476 per kilogram. Untuk gula pasir, masih berada pada kisaran harga tinggi yakni Rp15.516,51 per kilogram.