PT Pupuk Indonesia (Persero) Alokasikan Rp30 Miliar Untuk Dana Riset

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Guna memperkuat kontribusinya terhadap Program Ketahanan Pangan Nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah, PT Pupuk Indonesia (Persero) mengalokasikan dana riset sekitar Rp30 miliar pada 2016.

Direktur Investasi Pupuk Indonesia, Gusrizal mengungkapkan, sejak tahun 2013, Pupuk Indonesia telah mengembangkan program-program riset guna mendukung ketahanan pangan, meskipun bukan kompetensi perusahaan.

"Namun saat ini, Pupuk Indonesia sudah lebih berkompeten dalam mengembangkan ketahanan pangan, melalui anak usaha yang kami bentuk, yaitu PT Pupuk Indonesia Pangan, yang arahnya itu ke pangan," ujar Gusrizal, dalam siaran pers, Senin (26/9/2016).

Ditambahkan, program riset yang dikembangkan Pupuk Indonesia, saat ini berlokasi di sejumlah daerah yakni di Kabupaten Kapuas (Kalimantan Tengah), Kabupaten Ketapang (Kalimantan Barat) dan Kabupaten Merauke (Papua) berupa pembukaan lahan baru, agar dapat meningkatkan jumlah Produksi pangan nasional.

Dalam riset tersebut, perseroan melakukan kegiatan-kegiatan penelitian dan kajian terkait aspek pemupukan, pengelolaan sawah, produktivitas, hingga aspek pemasaran (hilir).

"Riset kami harus betul-betul kuat. Jadi bagaimana mengelola sawah, pemupukan yang tepat di lahan-lahan tertentu seperti lahan-lahan gambut, lahan yang pasang surut, treatment apa yang dilakukan," terang Gusrizal.