Apindo Minta Presiden Jokowi Cermat Dalam Menyusun Tim Perekonomian Indonesia

Foto : istimewa

Pasardana.idAsosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta Presiden Terpilih  periode 2019-2024 Joko Widodo cermat dalam menyusun formasi tim ekonomi. Salah satunya yakni dengan merekrut para menteri yang paham dengan bidang yang akan digelutinya.

Hal tersebut disampaikan Ketua bidang Kebijakan Publik Apindo Sutrisno Iwantono pada Senin (21/10/2019) di Jakarta.

Dirinya berharap Presiden Jokowi sebaiknya tak memilih menteri-menteri ekonomi yang baru belajar.

"Namun bukan berarti harus memilih menteri lama, tapi orang-orang yang benar-benar sudah mengerti kondisi perekonomian Indonesia," kata Sutrisno.

Dirinya mengatakan para pengusaha berharap kebijakan ekonomi ke depan makin baik. Dari sisi fiskal, APBN diharapkan bisa menggerakkan ekonomi dan daya beli masyarakat.

Selain itu, menteri-menteri yang baru diharapkan bisa memperbaiki kebijakan di sektor riil seperti menyederhanakan perizinan, memberikan kepastian hukum, dan menekan korupsi.

Menurut dia, kondisi ekonomi Indonesia saat ini menghadapi risiko resesi akibat ekonomi global yang terus melambat. Sejumlah lembaga seperti Bank Dunia dan IMF sebelumnya telah memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi RI.

Untuk itu, Sutrisno menilai, tim ekonomi yang terpilih nantinya harus bergerak cepat untuk menyusun kebijakan jangka pendek.

"Tidak ada bulan madu, jika satu tahun Indonesia terpuruk, maka sulit untuk bangkit," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, sejumlah nama dengan latar belakang pengusaha tampak menyambangi istana negara. Beberapa nama tersebut antara lain Erick Tohir, Wishnutama, dan Nadiem Makarim.