Harga Minyak Dunia Terus Meningkat

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia terus meningkat pada Selasa (15/5/2018) setelah ketidakpastian terus berlangsung terkait pengenaan sanksi baru terhadap Iran oleh Amerika Serikat.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni 2018 naik 35 sen menjadi US$71,31 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli 2018 meningkat 20 sen menjadi US$78,43 per barel di London ICE Futures Exchange.

Presiden AS Donald Trump pekan lalu menyatakan Negeri Paman Sam akan mundur dari kesepakatan nuklir Iran yang ditandatangani 2015 lalu. Trump juga menyebut tidak akan menandatangani pengabaian sanksi terkait nuklir terhadap Iran.

Harga minyak dunia menjadi terdongkrak dari kekhawatiran akan diberlakukannya sanksi AS terhadap Iran, karena para trader meyakini pasokan minyak mentah ke pasar global akan menjadi berkurang.

Dalam laporan bulanan yang dirilis Senin (14/5/2018), OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) meningkatkan perkiraan permintaan minyak mentah pada 2018. Konsumsi global diperkirakan mencapai 98,85 juta barel per hari, lebih tinggi 1,65 juta barel per hari dari tahun lalu.

Data dari OPEC juga menunjukkan bahwa persediaan minyak OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) pada Maret 2018 turun 12,7 juta barel dari bulan sebelumnya menjadi 2,83 miliar barel.

Menurut para analis, kekhawatiran kondisi geopolitik, pengetatan persediaan, dan peningkatan permintaan akan terus mendukung peningkatan harga minyak dunia.