Harga Minyak Dunia Turun Dipicu Kekhawatiran Peningkatan Produksi AS

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami penurunan pada Selasa (13/3/2018) dipicu mencuatnya kekhawatiran akan peningkatan produksi Amerika Serikat.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman April 2018 anjlok 65 sen, atau sekitar 1,06 persen, menjadi US$60,71 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent merosot 31 sen, atau sekitar 0,5 persen, menjadi US$64,64 per barel di London ICE Futures Exchange.

Pasar terpengaruh banyak faktor dalam sesi perdagangan yang aktif, termasuk pelemahan Wall Street setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memecat Rex Tillerson dari jabatan Menteri Luar Negeri AS. Jabatan tersebut selanjutnya akan dipegang oleh Mike Pompeo, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur CIA.

Produksi minyak mentah AS telah mencapai rekor tertinggi dengan data pekan lalu menunjukan produksi mencapai 10,3 juta barel per hari.

Produksi minyak mentah AS dari formasi shale utama diperkirakan akan meningkat pada April, mencapai rekor 6,95 juta barel per hari menurut laporan yang dirilis Energy Information Administration awal pekan ini.