Bayer Peroleh Izin Otoritas AS Akuisisi Monsanto

foto: istimewa

Pasardana.id - Bayer AG pada Rabu (30/5/2018) mengumumkan telah memperoleh izin dari otoritas antitrust Amerika Serikat untuk mengakuisisi perusahaan bioteknologi AS Monsanto Company.

CEO Bayer, Werner Baumann, menyebutkan bahwa sejauh ini pihak regulator Uni Eropa, Tiongkok, Brasil, Rusia, dan AS telah memberi izin berlangsungnya akusisi. Kini Bayer hanya perlu memperoleh izin dari regulator Meksiko dan Kanda.

“Dengan izin yang diperoleh dari Departemen Kehakiman AS, akuisisi semakin dekat terwujud,” ungkap Baumann dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Xinhua.

Bayer akan menjadi produsen bibit, pestisida, dan herbisida terbesar di dunia apabila akuisisi Monsanto telah selesai dilakukan dengan dana US$62,5 miliar atau sekitar Rp872,45 triliun. Perusahaan yang terbentuk setelah akuisisi akan memiliki pendapatan kotor sebesar US$26,75 miliar hanya dari bisnis yang berhubungan dengan pertanian.

Bayer yang didirikan 1863 lalu merupakan perusahaan manufaktur bahan kimia terbesar di dunia dengan jumlah karyawan mencapai 99 ribu orang di seluruh dunia. Pendapatan kotor Bayer, yang berkantor pusat di Leverkusen, Jerman, mencapai US$40 miliar pada 2017 lalu.