Bayer Segera Tuntaskan Akuisisi Monsanto

foto: istimewa

Pasardana.id - Bayer AG pada Senin (4/6/2018) mengumumkan akan segera menuntaskan akuisisi perusahaan bioteknologi Amerika Serikat Monsanto Company setelah memperoleh seluruh izin yang diperlukan dari pihak regulator.

Akuisisi yang akan disahkan pada Kamis (7/6/2018) mendatang tersebut melibatkan dana sebesar US$63 miliar atau sekitar Rp874,92 triliun. Dengan terjadinya akuisisi, Monsanto tidak akan lagi menjadi sebuah entitas perusahaan tersendiri.

“Bayer akan tetap menjadi nama perusahaan setelah akuisisi terjadi, sedangkan Monsanto tidak. Produk-produk dari perusahaan yang diakuisisi akan mempertahankan brand mereka dan menjadi bagian dari Bayer,” ungkap pernyataan yang dikeluarkan Bayer, seperti dikutip Reuters.

Bayer pada Minggu (3/6/2018) melakukan rights issue senilai US$7 miliar untuk turut membiayai akuisisi.

Bayer akan menjadi produsen bibit, pestisida, dan herbisida terbesar di dunia setelah akuisisi Monsanto tuntas. Perusahaan yang terbentuk setelah akuisisi akan memiliki pendapatan kotor sebesar US$26,75 miliar hanya dari bisnis yang berhubungan dengan pertanian.

Bayer yang didirikan 1863 lalu merupakan perusahaan manufaktur bahan kimia terbesar di dunia dengan jumlah karyawan mencapai 99 ribu orang di seluruh dunia. Pendapatan kotor Bayer, yang berkantor pusat di Leverkusen, Jerman, mencapai US$40 miliar pada 2017 lalu.