Ekspansi ke Bisnis Ritel Offline, Alibaba Siap Investasi US$2,87 Miliar

foto: istimewa

Pasardana.id - Raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba Group Holding Ltd pada Senin (20/11/2017) menyatakan akan melakukan investasi sebesar HK$22,4 miliar, atau sekitar US$2,87 miliar (Rp38,8 triliun), untuk mendapatkan kepemilikan saham pengendali perusahan operator hypermart Tiongkok Sun Art Retail Group Ltd. Langkah ini merupakan upaya ekspansi Alibaba ke bisnis ritel offline.

Sebagai bagian aliansi dengan Auchan Retail SA asal Perancis dan Ruentex Group dari Taiwan dalam menguasai Sun Art, Alibaba akan membeli saham Sun Art dari Ruentex, sedangkan Auchan Retail akan menambah kepemilikan atas saham Sun Art. Kepemilikan masing-masing perusahaan di Sun Art akan menjadi 36,18 persen (Auchan), 36,16 persen (Alibaba), dan 4,67 persen (Ruentex).

Setelah menguasai Sun Art, Alibaba menargetkan sektor ritel makanan senilai US$500 miliar di Tiongkok. "Toko memiliki peran yang tak tergantikan bagi konsumen dan perlu dipercanggih melalui teknologi berbasis data dan layanan personal dalam ekonomi digital," ungkap CEO Alibaba Daniel Zhang seperti dikutip Reuters.

Saham Sun Art yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong anjlok 5,3 persen di awal perdagangan hari ini.