Tencent Investasi US$863 Juta di Vipshop

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan internet Tiongkok Tencent Holdings Ltd dan perusahaan e-commerce Negeri Panda JD.com Inc pada Senin (18/12/2017) menyatakan akan melakukan investasi total senilai US$863 juta, atau sekitar Rp11,72 triliun, di Vipshop Holdings Ltd.

Seperti dilansir Reuters, Tencent akan menanamkan dana sebesar US$604 juta di Vipshop dan mendapatkan 7 persen saham perusahaan e-commerce operator situs VIP.com tersebut. Sedangkan JD menginvestasikan US$259 juta dan memperoleh 5,5 persen saham Vipshop. JD sebelumnya telah memiliki sekitar 2,5 persen saham Vipshop.

Investasi yang dilakukan Tencent menjadi upaya untuk mengembangkan bisnis di bidang ritel online di Tiongkok yang notabene dikuasai Alibaba Group Holding Limited.

Presiden Tencent, Martin Lau menyebut Vipshop akan mendapat akses terhadap konsumen, sistem pemasaran, dan sistem pembayaran yang dimiliki Tencent untuk meningkatkan penjualan.

Aplikasi WeChat dan sistem pembayaran online milik Tencent dapat mendorong permintaan produk yang ditawarkan Vipshop secara online.

Tencent merupakan perusahaan Asia yang paling berharga dengan kapitalisasi pasar mencapai US$473 miliar yang juga merupakan pemilik saham utama JD.

Tencent memiliki rencana untuk menginvestasikan US$636 juta untuk mendapatkan 5 persen saham Yonghui Superstores Co Ltd.