Alibaba dan Tencent Kembali Masuk Daftar 10 Besar Merek Paling Berharga

foto: istimewa

Pasardana.id - Dua perusahaan asal Tiongkok, Alibaba dan Tencent, kembali masuk dalam daftar 10 besar merek paling berharga di dunia.

Seperti diwartakan Xinhua, Selasa (11/6/2019), Alibaba yang merupakan raksasa e-commerce Negeri Panda mencatatkan peningkatan nilai merek sebesar 16 persen year-on-year menjadi US$131,2 miliar, atau sekitar Rp1.875 triiliun. Akibatnya, Alibaba kini menempati peringkat tujuh 2019 BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands, naik dua peringkat dari tahun sebelumnya.

Alibaba kini unggul dari Tencent yang merupakan perusahaan internet yang menguasai daratan Tiongkok. Tencent turun tiga peringkat dari tahun lalu hingga hanya menempati peringkat delapan merek paling berharga di dunia setelah mencatatkan penurunan nilai merek sebesar 27 persen menjadi US$130,9 miliar.

Perusahaan e-commerce Amerika Serikat Amazon masih menempati puncak daftar. Amazon menorehkan peningkatan nilai merek sebesar 52 persen year-on-year menjadi US$315,5 miliar. Apple dan Google masing-masing menempati peringkat dua dan tiga.