Total Utang XL Axiata Sampai Akhir Kuartal I 2017 Mencapai Rp 14,6 Triliun, Turun 42 Persen (yoy)

foto : istimewa

Pasardana.id - Agenda Transformasi 3R - Revamp, Rise, Reinvent PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) nampaknya mulai menunjukkan hasil pada kinerja keuangan yang lebih baik. 

Dalam laporan hasil audit untuk Kuartal I 2017 disebutkan bahwa XL Axiata meraih pertumbuhan Pendapatan Layanan sebesar 0,3% QoQ yang didorong oleh pertumbuhan Pendapatan Data yang meningkat 9% QoQ dan menyumbang 63% terhadap total Pendapatan Layanan XL Axiata. 

Ini merupakan kali pertama dalam 3 tahun, perusahaan menunjukkan pertumbuhan pendapatan QoQ di Q1, di mana biasanya pada kuartal pertama kinerja perusahaan relatif lemah.

Selain itu, selama kuartal pertama XL Axiata juga berhasil unggul secara industri, di mana para pesaing utama mengalami penurunan pendapatan secara QoQ.

XL Axiata juga menunjukkan peningkatan profitabilitas dengan Laba Sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi & Amortisasi (EBITDA) di kuartal pertama 2017 tumbuh 1,4% QoQ dan marjin meningkat menjadi 35%.

Adapun neraca XL Axiata tetap kuat dengan hutang bersih atas EBITDA pada level 1,7x sementara posisi arus kas bebas tetap positif.

Total utang XL Axiata sampai akhir kuartal I 2017 mencapai Rp 14,6 triliun, turun 42% dari tahun sebelumnya. XL Axiata membukukan laba bersih sebesar Rp 46 miliar untuk kuartal tersebut.

Sementara itu, jumlah pelanggan XL Axiata juga terus tumbuh secara berkelanjutan dengan adanya penambahan 1,5 juta pelanggan pada kuartal ini, sehingga secara keseluruhan menjadi 48 juta pelanggan, 13% lebih tinggi dari jumlah pelanggan tahun lalu.

ARPU campuran XL Axiata mencapai Rp 33.000 di kuartal pertama 2017, yang berarti tetap stabil dari kuartal sebelumnya.

"Kami sangat senang dengan hasil kinerja yang baik untuk mengawali tahun 2017. Hal ini merupakan hasil dari Agenda Transformasi untuk mereposisi bisnis agar bisa unggul dalam layanan Data, yang telah mulai menunjukkan kinerja keuangan yang membaik. Kami telah berinvestasi untuk meningkatkan kualitas dan perluasan jaringan serta terus berupaya meraih kepercayaan pelanggan guna mendukung pertumbuhan kinerja yang semakin kokoh. Kami juga berharap untuk dapat terus mempertahankan momentum pertumbuhan ini sehingga kinerja perusahaan bisa terus meningkat sepanjang  tahun 2017," terang Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam siaran pers yang diterima Pasardana.id, Rabu (24/5/2017).

Dijelaskan, fokus XL Axiata untuk membangun jaringan yang Lebih Baik, Lebih Cepat, dan Lebih Kuat terus berlanjut pada tahun 2017, dimana pada akhir kuartal pertama ini, telah mencapai lebih dari 87 ribu BTS, termasuk lebih dari 10.300 BTS 4G LTE, dan lebih dari 39.000 BTS 3G.

Layanan 4G LTE XL Axiata saat ini telah tersedia di 181 kota/area di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus melakukan investasi untuk transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan upgrade jaringan untuk mendukung meningkatnya trafik data dan menjaga stabilitas layanan, meningkatkan kapasitas jaringan serta meningkatkan kualitas layanan data.

Selain memperkuat jaringan dan memberikan penawaran data yang menarik, XL Axiata juga telah berhasil meraih pelanggan yang tepat, yang diperlihatkan melalui angka tingkat penetrasi pelanggan smartphone XL yang meningkat sebesar 17 persen menjadi 65% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal ini menunjukkan meningkatnya lebih banyak pelanggan data dengan konsumsi besar yang memilih jaringan XL Axiata. 

Saat ini, XL Axiata memiliki 31,2 juta pelanggan smartphone hingga akhir kuartal pertama 2017, meningkat 52% YoY dari periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan pelanggan smartphone ini sangat berarti karena rata-rata konsumsi data pengguna smartphone juga meningkat secara signifikan, lebih dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran pelanggan smartphone XL Axiata untuk menggunakan jaringan 4G-LTE, di mana tingkat konsumsi pelanggan 4G-LTE kini mencapai lebih dari 1,5x dari rata-rata konsumsi smartphone.

Total trafik di jaringan XL Axiata, meningkat 178% YoY di kuartal pertama 2017 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terutama didorong oleh pertumbuhan trafik Data.

"Kami senang melihat adanya ketertarikan para pelanggan Data dengan konsumsi yang besar, yang sekaligus jelas menunjukkan bahwa penetrasi smartphone dan meningkatnya trafik secara tajam didorong oleh ketepatan kami dalam meraih pelanggan. Ini sesuai dengan visi kami untuk menjadi penyedia layanan Data pilihan di Indonesia," tandas Dian.