Pemerintah Pastikan UU Tax Amnesty Sudah Bisa Dijalankan Minggu Depan

foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan undang-undang (UU) pengampunan pajak (tax amnesty?) sudah bisa berjalan minggu depan. Meskipun ada sebagian kalangan yang mengajukan uji materi (judicial review) terkait UU Tax Amnesty ke Mahkamah Konstitusi.

"Jadi jangan ragu mulai Senin, menerima wajib pajak, pendaftaran, deklarasi?, dan membayar uang tebusan," kata Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Hadiyanto, ?ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Menurutnya, tax amnesty sudah menerapkan prinsip keadilan yang berlaku bagi setiap wajib pajak yang ada. Penyusunan UU tax amnesty pun dijalankan secara legal. Dalam artian, penyusunan UU tax amnesty persis dengan penyusunan UU yang lainnya.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menegaskan, bahwa pemerintah menjamin pelaksanaan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) akan tetap berjalan.

"Sedang kita persiapkan (gugatan di MK). Aman lah itu," kata Yasonna.

Lebih lanjut dijelaskan, proses perundang-undangan tax amnesty sudah terselesaikan. UU tax amnesty, sebut Yasonna, akan diumumkan dalam waktu dekat oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Bahkan, Yasonna mentargetkan UU Tax Amnesty pada bulan ini bisa berlaku, meski digugat di MK.

"Iya dia harus berlaku dalam waktu dekat ini. Nanti Mensesneg akan publish dalam waktu dekat, ya (bulan ini)," tandas Yasonna.