Survey : Indeks Keyakinan Konsumen Indonesia Meningkat

foto : istimewa

Pasardana.id - Nielsen baru-baru ini merilis Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions.

Dalam laporan tersebut diungkapkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia di kuartal I-2016 meningkat menjadi 117, dibandingkan dengan 115 pada kuartal IV-2015.

Dalam hal ini, optimisme konsumen online Indonesia akan keadaan ekonomi untuk satu tahun ke depan membaik di kuartal I-2016. Bahkan, tiga indikator keyakinan konsumen pada konsumen online Indonesia meningkat, menunjukkan tingkat optimisme yang membaik.

"Membuka tahun ini, pemerintah mengumumkan kebijakan untuk menurunkan harga BBM dan itu mendorong berkurangnya kekhawatiran konsumen sehingga keyakinan konsumen pun meningkat," ungkap Managing Director Nielsen Indonesia Agus Nurudin, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Persepsi konsumen Indonesia mengenai keadaan resesi ekonomi juga mengalami perbaikan di kuartal I-2016, di mana hanya 58 persen konsumen yang menyatakan bahwa Indonesia berada dalam keadaan resesi ekonomi. Angka tersebut menurun 11 persen, dibandingkan dengan kuartal IV-2015 yang 69 persen.

Sementara itu, 47 persen konsumen menyatakan yakin bahwa resesi ekonomi akan berakhir dalam satu tahun ke depan. Angka ini meningkat dari kuartal sebelumnya yang sebesar 43 persen.

Meski kondisi Ekonomi masih menjadi kekhawatiran utama konsumen online Indonesia, namun persentasenya sedikit menurun. Bila di kuartal terakhir tahun lalu ada 42 persen konsumen, maka pada kuartal I-2016 ini hanya ada 40 persen konsumen yang menyatakan bahwa ekonomi adalah kekhawatiran utama mereka.

"Kenaikan harga bahan makanan dan pangan di awal tahun ini dirasakan cukup berat bagi konsumen, Kebijakan penurunan harga BBM memang dapat mengurangi ongkos transportasi, namun pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk mengontrol harga bahan makanan, terutama menjelang bulan puasa di kuartal kedua nanti," pungkas Agus.