Menyikapi Kecilnya Anggaran, Desa-Desa Akan Fokus Pada Satu Produk

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Anggaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk tahun 2017 disepakati Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebesar Rp4,8 triliun.

Padahal sebelumnya, Kemendes PDTT mengusulkan anggaran sebesar Rp14,8 triliun di APBN 2017.

Menyikapi relatif kecilnya anggaran yang disepakati dibandingkan dari yang diusulkan, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa hal tersebut tidak akan menurunkan semangat untuk mengentaskan daerah tertinggal.

Asal tahu saja, sesuai dengan RPJM 2015-2019, Pemerintah menargetkan sedikitnya dapat mengentaskan sebanyak 80 kabupaten tertinggal, mengurangi desa tertinggal sedikitnya 5.000 desa, dan meningkatnya desa mandiri sedikitnya 2.000 desa.

"Hal utama yang harus dibangun dalam membangun desa adalah rasa optimisme masyarakat dan seluruh stakeholder bangsa," ujar Eko di Jakarta, Senin (24/10/2016).

Menurut dia, rasa optimistis bersama menjadi kunci agar pembangunan daerah tertinggal dapat segera terselesaikan.

Lebih lanjut, ia mengatakan akan bekerjasama dengan 17 Kementerian lain.

"Semua masukan dari Komisi V akan ditindaklanjuti, kami akan bekerjasama dengan kementerian lain, karena pada dasarnya kementerian lain fokusnya juga di desa. Desa-desa akan kita gerebek agar bagaimana desa-desa ini bisa fokus pada satu produk," tandas Eko.