3 Contoh Investasi Ini Cocok untuk Investor Pemula dengan Modal Rp 1 Juta

foto : istimewa

Pasardana.id - Apa yang bisa Anda beli dengan uang satu juta rupiah? Ponsel, baju, sepatu, atau tas? Pernahkah Anda berpikir bahwa uang satu juta rupiah tersebut bisa beranak pinak hingga belasan juta rupiah?

Ya, itu terjadi ketika Anda berinvestasi. Sebagai investor pemula, uang satu juta rupiah tersebut bisa jadi modal yang cukup.

Kadang orang berpikir, untuk mulai berinvestasi diperlukan dana yang besar. Karena itu, bagi investor pemula yang tidak memiliki dana cukup besar langsung ciut nyalinya. Padahal tidak harus seperti itu.

Memang, semakin besar modal yang Anda investasikan, keuntungannya juga akan semakin besar. Namun, uang satu juta bila diinvestasikan dengan tepat juga akan menguntungkan.

Berikut ini adalah tiga contoh investasi untuk pemula yang cukup menjanjikan, seperti yang direkomendasikan oleh Ryan Filbert, Praktisi dan Inspirator Investasi Indonesia yang dilansir dari laman Futuready.com, baru-baru ini.

1. Investasi Emas

Logam mulia ini memang kerap jadi pilihan favorit investasi para pemula. Dengan dana satu juta Anda sudah bisa membeli emas. Meski nilainya tidak selalu naik, investasi emas dianggap pilihan paling menarik dan cukup meyakinkan untuk membuat dana Anda makin bertambah.

Emas memiliki keunggulan dengan harganya yang stabil. Karena itu, daripada membeli tas atau sepatu lebih baik belilah emas sebagai langkah awal untuk menjaga nilai uang Anda.

2. Investasi Reksa Dana

Sebenarnya Anda tak harus memiliki dana satu juta untuk menjalankan investasi reksa dana ini. Hanya dengan uang ratusan ribu rupiah pun, Anda sudah bisa berinvestasi. Bahkan ada jenis reksa dana yang menawarkan harga yang lebih murah lagi, yaitu kurang dari Rp100 ribu.

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi pada pasar modal. Sebaiknya Anda memilih produk reksa dana saham, karena produk ini bagus untuk investasi jangka panjang di atas 5 tahun. Anda juga dapat meningkatkan capital gain (pertumbuhan modal) di waktu tertentu, atau untuk masa pensiun Anda kelak.

Memang, reksa dana saham ini sangat bergejolak, tetapi ujungnya pasti akan naik di masa panjang tersebut. Untuk reksa dana saham, pilihlah produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan besar, aman, dan legal.

3. Membuat Website

Salah satu yang bisa dicoba sebagai investasi untuk pemula adalah membuat website. Saat ini dunia online sedang berkembang sangat pesat. Dengan membuat website Anda bisa membuat toko online atau media (blog) yang bermanfaat dan informasinya banyak dicari oleh masyarakat.

Website juga bisa menghasilkan keuntungan berlipat-lipat. Kreatiflah dalam membuat website, yang tidak banyak dipikirkan orang.

Namun untuk membuat website yang sukses, Anda harus kelola dengan baik dan kerja keras. Bila website Anda sukses, bukan mustahil website Anda akan diakuisisi oleh perusahaan atau orang lain dengan nilai yang sangat besar. Salah satu contoh sukses adalah website Kaskus. Website tersebut diakuisisi dengan nilai yang sangat tinggi.

Jadi, jangan berkecil hati bila Anda hanya memiliki uang satu juta. Lakukan panduan investasi untuk pemula ini agar uang Anda bisa berlipat ganda. (Stevandy Clawira)