Apa Itu Penasihat Investasi?

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Tahukah and bahwa profesi Penasihat Investasi dikenalkan oleh Investment Advisors Act of 1940, sebagai perseorangan atau kelompok yang memberikan rekomendasi investasi atau hasil analisa dari surat surat berharga dengan imbalan berupa biaya, baik langsung melalui manajemen dari asset klien atau melalui tulisan yang di publikasikan untuk umum.

Dilansir dari Investopedia.com, disebutkan bahwa Penasihat Investasi juga dapat dikatakan sebagai penasihat keuangan yang mempunyai cukup data untuk bisa di daftarkan ke Securities and Exchange Commission (SEC), dikenal sebagai tempat pendaftaran penasihat investasi (Registered Investment Advisor), atau RIA.

"Penasihat investasi bekerja sebagai proffesional dalam dunia keuangan industri dengan menyediakan arahan kepada klien dengan imbalan bayaran yang cukup spesifik," sebut laman tersebut.

Lebih lanjut laman tersebut mengungkapkan, biasanya, penasihat investasi mempunyai tingkatan kebijakan diskresioner, yang memperbolehkan mereka untuk bertindak sebagai bagian dari klien tersebut tanpa mewajibkan adanya pernyataan formal untuk melakukan suatu keputusan. Tetapi, kewenangan diskresioner haruslah di berikan secara formal oleh klien, dan biasa nya di susun sebagai bagian dari proses.

Perusahaan reksadana biasanya termasuk dalam bagian penasihat investasi, tetapi tidak dengan broker saham, karena mereka mendapatkan komisi yang bergantung dengan kompensasi asset.

Kebanyakan dari penasihat investasi menetapkan bayaran yang tetap atas servis mereka atau juga persentasi dari aset yang mereka kelola.

Sebagian besar, sangatlah terbatas adanya konflik ketertarikan antara penasihat investasi dan kliennya, karena penasihat tersebut akan mendapat lebih banyak hanya jika aset klien tersebut berkembang, dikarenakan rekomendasi dari penasihat investasinya dan surat surat pilihan.

Pengertian untuk klien

Pengertian dari klien disini bisa mencakup banyak orang dan hampir semua golongan untuk menggunakan servis penasihat investasi. Bisa mencakup kelompok, ataupun individu yang ingin berinvestasi. Sebagai tambahan, klien akan mempunyai portofolio untuk mengkualifikasi apa saja keperluan minimum yang di atur oleh si penasihat investasi tersebut ketika mereka sudah bertemu.

Peraturan aktivitas penasihat investasi

Berdasarkan peraturan yang sudah di tetapkan, penasihat investasi tidak di perbolehkan untuk memberikan asaran yang terbilang menghasut ataupun melakukan suatu tindakan yang berhubungan dengan aset klien semena-mena tanpa adanya persetujuan dari kedua belah pihak. Dan ada beberapa peraturan yang di khususkan tergantung dengan tempat dan negara mana mereka menggunakan jasa penasihat investasi tersebut.

Penasihat investasi yang tidak membutuhkan registrasi with SEC atau pemerintah di tempat mereka beroperasi. Lain hal dengan dana modal ventura, hedge fund dan juga dan dana pribadi lainnya dibutuhkan untuk mendata secara regular laporan untuk di berikan kepada pihak pemerintah yang telah di tunjuk. (Stevandy Clawira)