Ini Dia 3 Cara Simpel Dalam Berinvestasi Bagi Investor Pemula

foto : istimewa

Pasardana.id - Saya tidak akan bertele-tele lagi akan hal ini. Namun, dari sekian banyak permasalahan yang dialami investor pemula, khususnya yang berusia masih sangat muda, jangan anda takut untuk memulai sebuah investasi.

Jika anda masih takut atau bingung, ataupun belum memahami sepenuhnya tentang dunia investasi, berikut adalah 3 cara simpel yang akan membantu anda untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi, seperti yang dilansir dari laman Investorplace.com, baru-baru ini;

1. Lawan rasa takut anda

Rasa takut adalah suatu hal yang pasti setiap orang miliki dan juga akan mereka alami dimanapun dan kapanpun. Dan ini adalah salah satu hambatan yang sangat besar ketika kita akan melakukan apapun.

Bayangkan jika kita selalu merasa takut ketika kita akan melakukan sesuatu, apakah kita akan melakukan hal tersebut? Tentu tidak kan. Oleh karena itu, saya dapat katakan bahwa dengan meninggalkan sesaat rasa takut kita akan suatu hal, anda akan bisa melakukan apapun, termasuk dengan terjun ke dalam pasar saham yang pasti kita takut akan rugi yang kita terima.

Tetapi, itulah pentingnya ada informasi dan juga pengetahuan. Ketika kita mau terjun ke dalam pasar saham, kita akan mencari informasi tentang pasar saham, dan ketika kita sudah mengetahuinya, kita pasti akan terjun ke dalam dunia pasar saham yang banyak orang muda takutkan.

2. Investasikan di tempat dimana anda mengetahuinya

Apa yang anda lakukan setelah anda sudah membuang rasa takut tersebut? Hal yang umum dilakukan adalah dengan membuat akun untuk anda bisa terjun ke dalam saham.

Bagaimana mungkin anda mau terdaftar dalam suatu komunitas tetapi anda tidak mendaftar ke komunitas tersebut? Jadi daftarkan diri anda dengan buat akun untuk anda ke dunia saham. Selanjutnya adalah tanam modal yang anda sediakan ke perusahaan yang anda ketahui dan sudah anda pelajari, sehingga anda tidak akan memenuhi diri anda dengan rasa cemas karena anda tahu akan perusahaan yang anda investasikan tersebut. Dan usahakan untuk memulai dengan sesuatu yang simpel, jangan mempersulit diri anda dengan menanamkan modal ke berbagai perusahaan yang belum anda pelajari.

3. Ketahui angka anda

Yang dimaksudkan dengan angka disini, adalah semua hal detail mengenai harga, nilai, dan kondisi dari perusahaan yang anda sudah investasikan.

Jangan sampai anda menginvestasikan uang anda hanya karena perusahaan tersebut menjual barang yang anda suka, atau karena perusahaan tersebut menjual barang barang yang lucu.

Ingat, anda menginvestasikan uang anda bukan karena barang yang mereka jual, tetapi ini tentang bagaimana kualitas dan nilai dari perusahaan tersebut yang sudah anda cari tahu dan pelajari lebih dulu.

Berikut ini beberapa nilai yang musti anda ketahui sebelum anda menginvestasikan uang anda:

a. Rasio harga jual beli

Ini adalah salah satu nilai yang anda butuhkan untuk mengetahui apakah saham ini mahal atau murah.

b. Pendapatan dan laba (biasanya di identifikasikan dengan nilai pendapatan perbagian)

Nilai ini biasanya menunjukan keadaan dalam perusahaan tersebut dan kategori perusahaan tersebut.

c. Dividen rasio pembayaran

Ini menunjukan seberapa banyak nilai yang perusahaan tersebut berikan kepada pemegang sahamnya, berapa banyak pemasukan yang anda dapatkan lewat pembayaran dari harga jual saham yang anda lakukan.

Sementara itu, ada banyak sekali faktor-faktor penunjuk yang bisa anda gunakan untuk menganalisa saham-saham yang anda ingin investasikan, tetapi faktor di atas adalah basis sederhana yang bisa kita lakukan sebelum kita melakukan investasi, dengan kata lain, faktor diatas adalah faktor yang paling umum di gunakan oleh para investor. (Stevandy Clawira)