Penggantian 9 Jembatan di Jatim, Pemerintah Anggarkan Rp 591,9 Miliar

Foto : Dok. Kementerian PUPR

Pasardana.id - Pemerintah telah mengeluarkan anggaran hingga Rp 591,9 miliar demi menyelesaikan penggantian 9 jembatan dengan tipe Callender Hamilton (CH) di Provinsi Jawa Timur. 

Terkini, jembatan sudah bisa digunakan kembali untik mendukung pergerakan orang, jasa, dan memperlancar distribusi logistik di Jawa Timur.

"Dengan selesainya penggantian jembatan Callender Hamilton ini, diharapkan konektivitas antar wilayah terus terjaga, bahkan semakin meningkat guna mendorong perekonomian masyarakat di Jawa Timur," kata Staf Ahli Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja dalam keterangan tertulis, Rabu (1/5).

Endra menjelaskan, program penggantian jembatan lama ini merupakan bagian dari mitigasi risiko jembatan runtuh karena usia tua di atas 40 tahun, salah satunya karena dampak beban berlebih kendaraan (overloading).

Proyek ini digarap dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Adapun kerja sama terjalin antara Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga, dengan PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Pekerjaan penggantian dilaksanakan selama 2021-2023 dengan total panjang penanganan 2.116 meter.

Keseluruhan 9 jembatan yang ditangani berada dalam sistem jaringan jalan nasional dan jalur logistik utama yang tersebar di 8 kabupaten, Provinsi Jawa Timur.

Endra merinci, pertama Jembatan Ngujang dengan panjang penanganan 228 meter di Kabupaten Tulungagung, Jembatan Bandar Ngalim sepanjang 184 meter di Kota Kediri, Jembatan Jetak sepanjang 272 meter di Kabupaten Bojonegoro, dan Jembatan Kalitakir sepanjang 299 meter di Kabupaten Banyuwangi.

Selanjutnya, ada dua jembatan di Kabupaten Pacitan dengan total penanganan 614 meter, yakni Jembatan Teleng (309 meter) di Jalan Raya Tompak Rinjing dan Jembatan Kangkung (305 meter) di Jalan Raya Pacitan-Trenggalek.

Lalu, tiga jembatan lainnya adalah Jembatan Wirolegi sepanjang 124 meter di Kabupaten Jember, Jembatan Trisula Lama sepanjang 200 meter yang menghubungkan Kota Blitar dengan Kabupaten Tulungagung, dan Jembatan Munjungan sepanjang 135 meter di Kabupaten Trenggalek.

Sebagai informasi, penggantian 9 jembatan di Jawa Timur ini merupakan bagian dari proyek nasional duplikasi/penggantian 37 jembatan dengan tipe Callender Hamilton selama 2021-2023.

Selain Jawa Timur, penggantian jembatan tipe Callender Hamilton juga selesai dilaksanakan di Provinsi Banten sebanyak 3 jembatan, Jawa Barat ada 16 jembatan, dan Jawa Tengah ada 9 jembatan.