Menhub Berharap Sertifikat Izin Operasional KCJB Terbit Pekan Depan

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, sertifikat izin operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan diterbitkan dalam 1 pekan ke depan. 

Hal tersebut diungkapkannya saat mendampingi Presiden Joko Widodo menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung, Rabu (13/9) kemarin.

Menhub menjelaskan, kereta cepat dapat mulai dioperasikan pada awal Oktober mendatang.

Dia juga mengatakan, sertifikat izin operasi kereta cepat akan terbit dalam waktu dekat. 

"Target di awal bulan sudah bisa jalan. Sertifikat izin operasi dari KCJB juga diharapkan bisa selesai dalam satu minggu ke depan," jelas Budi Karya. 

Adapun, pembangunan trase sudah rampung sepenuhnya atau 100 persen.

Total panjang trase proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai 142,3 kilometer (km) yang dimulai dari Stasiun Halim hingga dengan Stasiun Tegalluar. 

Secara terperinci, trase tersebut terbagi antara lain pada jembatan sepanjang 82,7 km, tanah timbunan 42,7 km, terowongan 16,8 km dan jalan rel sepanjang 142,3 km.  

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, hingga saat ini uji coba Kereta Cepat terus dilakukan demi memperoleh sertifikat izin operasi.

Uji coba dilaksanakan mulai dari aspek sarana, prasana, sumber daya manusia (SDM), hingga keselamatan.  

Dwiyana menuturkan, proses tersebut terus diintensifkan bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan pihak terkait lainnya. 

Dia juga menegaskan, progres untuk memperoleh izin operasi tidak menemui kendala berarti hingga saat ini.  

"Untuk proses perizinan operasi semuanya on the track, belum ada kendala berarti," ujar Dwiyana.