IPCM Perpanjang Kerjasama dengan PT Krakatau Bandar Samudera

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) menandatangani perpanjangan kerjasama dengan PT Krakatau Bandar Samudera bersama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten tentang pelayanan jasa pemanduan dan penundaan serta penyediaan sarana bantu pemanduan berupa kapal tunda di area Terminal Cigading, Rabu (15/2).

Penandatanganan dilakukan di Gedung Wisma Baja PT Krakatau Steel Tbk (Persero) oleh Shanti Puruhita, Direktur Utama IPCM, Muhamad Akbar, Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera dan Agung Fitrianto, General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten.

“Kerjasama sinergi antara perusahaan BUMN ini dapat memberikan nilai tambah terhadap tingkat utilisasi kapal. Selain itu kapal-kapal cape size yang melakukan sandar di dermaga Cigading juga dapat melakukan kegiatan operasionalnya dengan aman dan waktu yang efektif,” terang Shanti Puruhita selaku Direktur Utama IPCM seperti dilansir dalam keterangan pers, Rabu (15/2).

Dijelaskan, ruang lingkup kerjasama, meliputi; pelayanan pemanduan melalui penyediaan personil pandu di wilayah kerjasama dengan menggunakan sistem yang terintegrasi, serta penyediaan sarana bantu pemanduan berupa penyediaan kapal tunda beserta awak kapal untuk pelayanan jasa penundaan kapal di wilayah kerjasama, yaitu perairan pada Terminal Cigading milik PT Krakatau Bandar Samudera.  

Adapun kerjasama ini merupakan kelanjutan dari kerjasama yang telah dimulai sejak 1 Desember 2021.

“IPCM telah melakukan penyandaran kapal di Pelabuhan Cigading dengan total puluhan gerakan kapal keluar masuk pelabuhan, menghasilkan penambahan total pendapatan per bulan area operasional IPCM hingga 45%,” jelas Shanti.

Sebelumnya, pada 1 Februari 2023 lalu, IPCM juga telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Jawa Satu Power dan sepakat untuk melakukan perpanjangan waktu perjanjian sewa kapal tunda untuk wilayah operasional Jawa Satu Power terhitung 1 Maret 2023.

Penandatanganan dilakukan oleh Shanti Puruhita dan Assistia Semiawan, Direktur Utama PT Jawa Satu Power di Jakarta.

Selain itu, IPCM juga melakukan kerjasama penyediaan sarana bantu dan prasarana pemanduan untuk pelayanan pemanduan dan penundaan di Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Cirebon Electric Power serta Terminal Khusus (Tersus) PT Cirebon Energi Prasarana.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani pada 13 Februari 2023 di Jakarta oleh Shanti Puruhita dan Tengku Mursalin Rahim, General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Cirebon selaku Badan Usaha Pelabuhan (BUP).