PUPR Kucurkan Rp14,4 Triliun, Targetkan 13 Bendungan Rampung Tahun Ini

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pemerintah melalui Kementerian PUPR menargetkan pembangunan 13 bendungan akan selesai pada tahun 2023.

Dalam pertemuan dengan Komisi V DPR RI, Rabu (25/1), Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA), Jarot Widyoko menyampaikan bahwa target tersebut, merupakan bagian dari total 29 bendungan yang mulai dibangun tahun 2023 ini.

Dalam kesempatan tersebut, juga disampaikan, bahwa Dirjen SDA mendapatkan pagu anggaran TA 2023 sebesar Rp 41,9 triliun.

Sebesar Rp 14,4 triliun di antaranya, dialokasikan untuk pembangunan serta revitalisasi bendungan tersebut.

“13 bendungan on-going yang Insya Allah akan selesai tahun 2023," ujar Jarot.

Dia menjabarkan, 13 bendungan yang ditargetkan rampung tahun ini, di antaranya adalah; Keureuto dan Rukoh di Aceh, Lau Simeme di Sumatera Utara, Karian di Banten, Cipanas dan Leuwikeris di Jawa Barat, Jlantah di Jawa Tengah. Kemudian Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Pamukkulu di Sulawesi Selatan, Ameroro di Sulawesi Tenggara, Sidan di Bali), Tiu Suntuk di NTB, dan Temef di NTT.

Selain 13 bendungan tersebut, Ditjen SDA Kementerian PUPR juga bakal membangun 4 bendungan baru, yaitu Bendungan Cibeet dan Cijurey di Jawa Barat, Cabean di Jawa Tengah, dan Riam Kiwa di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, terdapat 12 bendungan yang telah dikerjakan sejak tahun 2022 lalu, namun berlanjut ke tahun anggaran berikutnya, di antaranya; Bendungan Tiga Dihaji di Sumatera Selatan, Bener dan Jragung di Jawa Tengah, Marangkayu di Kalimantan Timur, Bagong di Jawa Timur, Bulango Ulu di Gorontalo, Budong-Budong di Sulawesi Barat, Meninting di NTB, Manikin dan Bendungan Mbay di NTT, Way Apu di Maluku, dan Jenelata di Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Jarot juga menyebutkan, akan merevitalisasi danau-danau, seperti; Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Kenali di Jambi, Danau Teloko di Sumatera Selatan, Danau Tondano di Sulawesi Utara, Danau Limboto di Gorontalo, dan Riam Kiwa di Papua Barat.