Bangun Ekosistem Digital Pembelian Hasil Panen, KedaiMart Jalin Kerja Sama dengan BRI

foto: dok. KedaiMart

Pasardana.id - PT Kedai Sayur Indonesia (KedaiMart), perusahaan agribusiness enabler di bawah Triputra Group, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) (IDX: BBRI), sepakat menjalin kerjasama pembentukan ekosistem digital untuk menjadi solusi bagi permasalahan pembelian hasil panen (offtake) dan permodalan yang dihadapi para petani Indonesia.

Seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai kerjasama tersebut ditandatangani oleh CEO KedaiSayur, Adrian Hernanto dan Agribusiness Division Head BRI, Mochamad Choliq serta Value Chain Solution Division Head BRI, Achmad Suadi Bank Rakyat Indonesia Senin (29/8/2022). 

Pembentukan ekosistem digital diharapkan akan menguntungkan seluruh stakeholder dalam ekosistem ini; di dalamnya termasuk namun tidak terbatas pada jaminan offtake dan pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan kepada para petani mitra binaan.

Mengingat sekalipun Indonesia merupakan negara dengan sektor pertanian yang besar, tetapi minat tenaga kerja ke sektor pertanian justru terus menurun karena dipandang kurang menguntungkan.  

Salah satu halangan yang dihadapi oleh para petani selain dari ketersediaan modal kerja, adalah tidak adanya jaminan offtake pada saat panen tiba dan ketidakpastian harga. 

Persoalan ketersediaan modal kerja dan ketiadaan jaminan offtake tersebut diamati oleh KedaiMart dan BRI, yang berujung pada kerjasama pembentukan ekosistem digital pertanian, dimana KedaiSayur akan berperan sebagai off-taker yang akan membantu petani membeli hasil panennya dengan skema harga yang menguntungkan pihak petani.

Sementara, BRI akan berperan sebagai pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan.

Kerjasama ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap setiap pihak, khususnya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani yang berkesinambungan.

“Kami percaya program kolaborasi ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi para petani. Semoga kerja sama yang terjalin ini dapat memberikan akses bagi para petani dan dapat membantu pertumbuhan bisnis mereka. Relasi bank dengan petani akan lebih kuat  dengan adanya kepastian harga jual dan pesanan dari kami,” ujar Adrian Hernanto dalam keterangannya, Selasa (30/8/2022).

KedaiMart adalah sebuah e-grocery platform yang memiliki kelengkapan produk dengan bahan segar, kualitas terjaga dan pilihan dari merek terpercaya dalam satu platform.

KedaiMart sebagai channel B2C dari KedaiSayur, akan menjadi salah satu omnichannel yang menjual hasil panen petani dari program ini.

KedaiSayur kini melakukan ekspansi tidak saja secara B2C melainkan juga B2B. Pasokan dari petani juga akan didistribusikan ke berbagai industri seperti restoran dan hotel.

“Kolaborasi antara BRI dan KedaiSayur memberikan solusi praktis dengan menggunakan ekosistem digital bagi pelaku UMKM terutama para petani dan pedagang sayur di Indonesia,” ujar Mochamad Choliq.